RSS

Cencept mapping in Chemistry Education

20 Jun

Road Map Penelitian

No Tahun Judul & Penulis Fokus Hasil
1.1 2007International Journal of Science and Mathematics Education (2009) 7:1-24

A Comparative Study of the Effects of A Concept Mapping Enhanced Laboratory Experience on Turkish High School Student’s Understanding of Acid-Base Chemistry

Haluk Ozmen, Gokhan Demircioglu and Richard K. Coll

Meneliti efektivitas peta konsep dalam meningkatkan pemahaman konsep asam basa siswa sekolah menengah di Turki

 

Pendekatan pembelajaran praktikum dengan pemetaan konsep dapat meningkatkan pemahaman siswa dan mengurangi konsepsi alternatif, serta pembelajaran menjadi lebih aktif dan inovatif.

1. 2 2008 

Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 2008, 4(3), 233-246

The Effect of Using Concept Maps as Study Tools on Achievement in Chemistry

 

Saouma BouJaoude and May Attieh American University of Beirut, Beirut, LEBANON

Meneliti pengaruh penggunaan peta konsep sebagai bahan ajar terhadap hasil belajar kimia siswa

Penggunaan peta konsep sebagai bahan ajar (PR) dapat membantu membangun struktur pengetahuan siswa dan dapat membantu meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelompok rendah, serta peta konsep lebih efektif  bagi siswa tingkat tinggi untuk lebih menguasai teknik peta konsep

  1. 3
2008J Res Sci Educ (2008) 38:91–110

A Student-centred Approach: Assessing the Changes in Prospective Science TeachersConceptual Understanding by Concept Mapping in a General Chemistry Laboratory

Osman Nafiz Kaya

Meneliti pengaruh peta konsep pra-lab dan pos-lab PSTs yang digunakan sebagai alat penilaian otentik dengan pendekatan yang berpusat pada siswa dalam menjelaskan perubahan pemahaman konseptual siswa dalam kegiatan praktikum kimia

Peta konsep pra-lab dan pos-lab dengan pendekatan berpusat pada siswa dapat digunakan sebagai alat penilaian otentik, dapat menggambarkan tingkat pemahaman siswa  dalam kegiatan praktikum kimia, dapat meningkatkan minat belajar siswa, dan dapat memberikan umpan balik yang positif dalam kegiatan KBM

  1.       4.
2009J Sci Educ Technol (2009) 18:518–534

The Contribution of  Constructivist Instruction Accompanied by Concept Mapping in Enhancing Pre-service Chemistry Teachers’ Conceptual Understanding of Chemistry in the Laboratory Course

Sevgi Aydin Æ Nurdane Aydemir Æ Yezdan Boz Æ

Ayla Cetin-Dindar Æ Oktay Bektas

Meneliti penerapan pembelajaran konstruktivism dengan peta konsep terhadap peningkatan pemahaman konsep calon guru kimia pada mata kuliah laboratorium/praktikum.

Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman konsep siswa, serta siswa cenderung memandang posistif terhadap kegiatan pembelajaran konstruktivism dengan pemetaan konsep

  1.       5.
2009Eurasian J. Phys. Chem. Educ. 1(2):86-92, 2009

Comparative Effect of the Guided Discovery(GD) and Concept mapping Teaching Strategies on Senior Secondary School Students (SSSS) Chemistry Achievement in Nigeria

Oloyede Olufunlayo IKEDOLAPO and Adeoye Femi ADETUNJI

Membandingkan pengaruh strategi pembelajaran dengan pemetaan konsep terhadap prestasi belajar  siswa kimia SSS di Nigeria.

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara penerapan metode inkuiri terbimbing dan pemetaan konsep serta tidak ada pengaruh yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan terhadap hasil belajar kimia siswa sekolah SSS di wilayah Nigeria.

  1.       6.
2010Journal of

TURKISH SCIENCE EDUCATION

Volume 7, Issue 3, September 2010

Comparison of the Structural, Relational and Proposition Accuracy Scoring Results of Concept Maps about Atom

Canan NAKİBOĞLU and Hilal ERTEM

Membandingkan

perbedaan antara analisis skor peta konsep secara kuantitatif dengan metode penilaian lain

Terdapat perbedaan antara metode penskoran metode struktural, relasional, maupun akurasi proposisi. Peta konsep siswa mendapat nilai tertinggi ketika digunakan metode struktural, nilai sedang diperoleh dari metode relasional, dan rendah ketika digunakan metode akurasi proposisi.

Sintesis:

Berdasarkan road map tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian tentang concept mapping dari 2007–2010 mengalami perkembangan, mulai dari penelitian pengaruh efektivitas peta konsep terhadap peningkatan pemahaman konsep dan pengurangan konsep alternatif asam basa, peranan peta konsep sebagai bahan ajar (PR), peranan peta konsep sebagai alat penilaian otentik yang diintegrasikan dengan pendekatan yang berpusat pada siswa dalam menjelaskan perubahan pemahaman konseptual dalam kegiatan praktikum kimia, penerapan pembelajaran konstruktivism dengan peta konsep terhadap peningkatan pemahaman konsep calon guru kimia pada mata kuliah laboratorium, membandingkan pengaruh strategi pembelajaran dengan pemetaan konsep dengan guided inkuiry terhadap prestasi belajar  siswa kimia, serta membandingkan perbedaan antara analisis skor peta konsep secara kuantitatif dengan metode penilaian lain secara struktural, relasional dan akurasi preposisi. Kajian jurnal-jurnal tersebut, semuanya dapat memberikan hasil dalam mengembangkan kurikulum dan Pembelajaran sains dengan menggunakan concept mapping.

 

Peluang Untuk Tesis:

Berdasarkan kajian jurnal-jurnal tersebut, dapat dikembangkan lebih lanjut mengenai penelitian pembelajaran IPA berbasis concept mapping : (1) Pengembangan kreatifitas guru dalam mengintegrasikan concept mapping ke dalam pembelajaran kimia SMA; (2) Pengembangan concept mapping sebagai asesmen alternatif.

 
Leave a comment

Posted by on June 20, 2011 in ISUE KEPENDIDIKAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: