RSS

INDIKATOR BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF

30 Jun

Indikator Keterampilan Berpikir Kritis Menurut Ennis

No

Kelompok

Indikator

Sub indikator

1 Memberikan penjelasan sederhana Memfokuskan pertanyaan
  • Mengidentifikasi atau merumuskan pertanyaan
  • Mengidentifikasi atau merumuskan kriteria untuk mempertimbangkan kemungkinan jawaban
  • Menjaga kondisi berpikir
Menganalisis argumen
  • Mengidentifikasi kesimpulan
  • Mengidentifikasi kalimat-kalimat pertanyaan
  • Mengidentifikasi kalimat-kalimat bukan pertanyaan
  • Mengidentifikasi dan menangani suatu ketidaktepatan
  • Melihat struktur dari suatu argumen
  • Membuat ringkasan
Bertanya dan menjawab pertanyaan
  • Memberikan penjelasan

sederhana

  • Menyebutkan contoh
2 Membangun keterampilan dasar Mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak
  • Mempertimbangkan keahlian
  • Mempertimbangkan kemenarikan konflik
  • Mempertimbangkan kesesuaian sumber
  • Mempertimbangkan reputasi
  • Mempertimbangkan penggunaan prosedur yang tepat
  • Mempertimbangkan risiko untuk reputasi
  • Kemampuan untuk memberikan alasan
  • Kebiasaan berhati-hati
Mengobservasi dan mempertimbangkan laporan observasi
  • Melibatkan sedikit dugaan
  • Menggunakan waktu yang singkat antara observasi dan laporan
  • Melaporkan hasil observasi
  • Merekam hasil observasi
  • Menggunakan bukti-bukti yang benar
  • Menggunakan akses yang baik
  • Menggunakan teknologi
  • Mempertanggungjawabkan hasil observasi
3 Menyimpulkan Mendeduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi
  • Siklus logika Euler
  • Mengkondisikan logika
  • Menyatakan tafsiran
Menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi
  • Mengemukakan hal yang umum
  • Mengemukakan kesimpulan dan hipotesis
  • mengemukakan hipotesis
  • merancang eksperimen
  • menarik kesimpulan sesuai fakta
  • menarik kesimpulan dari hasil menyelidiki
Membuat dan menentukan hasil pertimbangan
  • Membuat dan menentukan hasil pertimbangan berdasarkan latar belakang fakta-fakta
  • Membuat dan menentukan hasil pertimbangan berdasarkan akibat
  • Membuat dan menentukan hasil pertimbangan berdasarkan penerapan fakta
  • Membuat dan menentukan hasil pertimbangan keseimbangan dan masalah
4 Memberikan penjelasan lanjut Mendefinisikan istilah danmempertimbangkan suatu definisi
  • Membuat bentuk definisi
  • Strategi membuat definisi
  • bertindak dengan memberikan penjelasan lanjut
  • mengidentifikasi dan menangani ketidakbenaran yg disengaja
  • Membuat isi definisi
Mengidentifikasi asumsi-asumsi
  • Penjelasan bukan pernyataan
  • Mengonstruksi argumen
5 Mengatur strategi dan taktik Menentukan suatu tindakan
  • Mengungkap masalah
  • Memilih kriteria untuk mempertimbangkan solusi yang mungkin
  • Merumuskan solusi alternatif
  • Menentukan tindakan sementara
  • Mengulang kembali
  • Mengamati penerapannya
Berinteraksi dengan orang lain
  • Menggunakan argumen
  • Menggunakan strategi logika
  • Menggunakan strategi retorika
  • Menunjukkan posisi, orasi, atau tulisan

 Indikator-indikator keterampilan berpikir kreatif: Modul of teaching for creative thinking for three stage (Lawson, 1979)

Tahap I : Menguatkan antisipasi dan harapan

  1. Menghadapi ambiguitas dan ketidakpercayaan
  2. Menanyakan harapan dan antisipasi yang kuat
  3.  Membuat kesadaran untuk memecahkan masalah, kebutuhan  mungkin di masa depan atau menghadapi kesulitan.
  4. Membangun ilmu pengetahuan yang ada terhadap peserta didik
  5. Menguatkan perhatian tentang masalah atau kebutuhan masa depan
  6. Merangsang keingintahuan dan hasrat untuk mengetahui
  7. Mengenali hal yang aneh
  8. Membebaskan dari set yang terhambat
  9. Melihat informasi yang sama dari sudut pandang yang berbeda
  10. Merangsang pertanyaan untuk membuat peserta didik berpikit tentang informasi dalam cara yang baru
  11. Memprediksi dari informasi yang terbatas
  12. Tujuan pelajaran dibuat jelas, menunjukkan hubungsn pembelajaran yang diharapkan dan masalah yang ada sekarang dan masa depan
  13. Hanya stuktur yang tepat yang diberi kata kunci dan petunjuk
  14. Mengambil langkah selanjutnya diluar dari apa yang diketahui
  15. Kesiapan jasmani untuk informasi yang akan dipresentasikan

Tahap II :Menggali permasalahan, memperoleh informasi lebih, mengenal harapan yang sebelumnya tidak diharapkan, terus-menerus memupuk harapan baru

  1. Mengutakan kesadaran terhadap masalah dan kesulitan
  2. Menerima keterbatasan dengan membangun sebagai tantangan daripada kesinisan, meningkatkan dengan yang sesuai
  3. Mendorong karakteristik pribadi atau kecenderungan yang kreatif
  4. Melatih proses pemecahan masalah yang kreatif dalam cara yang sistematis dalam menghadapi masalah dan informasi
  5. Mengelaborasi berdasarkan informasi yang disajikan secara bebas dan sistematis
  6. Menampilkan informasi sebagai pertanyaan yang tidak lengkap dan dimiliki peserta didik untuk mengisi kekosongan
  7. Mendekatkan elemen nyata yang tidak jelas
  8. Mengeksplorasi dan mempelajari masalah dan mencoba menyelesaikannya
  9. Memelihara keterbukaan
  10. Membuat hasil yang diprediksi tidak lengkap
  11. Memprediksi dari informasi yang terbatas
  12. Menyakinkan untuk kejujuran dan realism
  13. Mengidentifikasi dan memberanikan diri menambah kemampuan baru untuk menemukan informasi
  14. Menguatkan dan mengelaborasi menggunakan hal yang mengherankan
  15. Memberi visualisasi

Tahap III : Melakukan sesuatu dengan informasi baru yang sedang dan akan dicari

  1. Bermain dengan keambiguan
  2. Kesadaran yang dalam terhadap masalah, kesulitan, atau informasi yang berbeda
  3. Mengetahui keunikan masing2 siswa secara potensial
  4. Meningkatkan kepedulian terhadap masalah
  5. Menjawab tantangan dari respon yang membangun atau solusi
  6. Melihat hubungan yang jelas antara informasi baru dengan karir di masa depan
  7. Melihat koneksi yang jelas antara informasi baru dengan karir di masa depan
  8. Menerima batasan secara kreatif dan membangun
  9. Menggali lebih dalam lagi, menuju ke bawah secara jelas dan dapat diterima
  10. Membuat pemikiran yang divergen (menyebar) secara sah
  11. Merinci informasi yang diberikan
  12. Berani membuat solusi yang baik, solusi dari benturan konflik, misteri yang tidak dapat dipecahkan
  13. Membutuhkan percobaan
  14. Membuat yang umumnya dikenal aneh
  15. Menguji daya khayal untuk menemukan solusi dari masalah yg nyata
  16. Berani membuat proyeksi ke depan
  17. Menampilkan ketidakmungkinan
  18. Menciptakan kelucuan/lelucon dan melihat humor dari informasi yang ditampilkan
  19. Berani mengungkapkan pertimbangan yang ditunda dan kegunaan dari beberapa prosedur yang tertib dari pemecahan masalah
  20. Menghubungkan informasi terhadap informasi dalam berbagai disiplin
  21. Mencari informasi yang sama dalam cara yang berbeda
  22. Mendorong manipulasi dari ide dan atau objek
  23. Mendorong banyak hipotesis
  24. Menghadapi dan menguji paradoks
About these ads
 
4 Comments

Posted by on June 30, 2011 in PENGAJARAN KIMIA

 

4 responses to “INDIKATOR BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF

  1. Danang Mursita

    April 28, 2014 at 10:02 am

    uraian yang sangat menarik sekali, bila berkenan minta file tentang tulisan Ennis, kebetulan saya lagi mempelajari tentang berpikir kritis

     
  2. Danang Mursita

    September 24, 2014 at 2:01 pm

    apakah ebook dari ennis? bila ada, mohon dapat dikirimkan ke alamat danangmursita@telkomuniversity.ac.id
    terima kasih

     
  3. evisapinatulbahriah

    September 30, 2014 at 10:33 am

    mohon maaf sy tdk punya ebooknya, ada juga bukunya

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: